Senin, 25 Mei 2009

Paris, Je Ta'ime

AKhirnya gue nonton film ini! awalnya gue liat iklan di metro tentang film ini, katanya mau diputar sabtu malam kemarin. Begitu liat iklannya, gue langsung inget, kayaknya gue pernah denger tentang film ini. Pokoknya bagus, pemenang festival apa gitu, tapi gue ga tahu apa artinya je'taime. Terus gue sms temen SMA gue yang setahu gue ikutan les perancis. Begitu dibales ternyata artinya I love you ( hihi, bahkan gue ga tahu!!Hhhh). Setelah itu gue pun menjelaskan ke temen gue kalo ntar malem mau ada film paris je ta'ime di metro tv (agak geli juga karena temen gue itu cowok dan tiba2 gue nanya kata yang artinya "i love you",hihi..) Lalu kata temen gue film itu bagus banget. Dia nonton film ini pas kelas 3 SMA, waktu gue & temen2 gue nyipain buka bersama di rumahnya ( bahkan itu anak ga ngajak2, padahal jelas2 orang satu kelas ada di rumahnya & bahkan gue baru nonton sekarang!!!)

Awal-awal liat, gue masih bingung. soalny
a kok ceritanya loncat-loncat, tokohnya kok diganti-ganti, mau di backward udah ga bisa, soalnya nontonnya di metro tv. Tapi di tengah-tengah cerita akhirnya gue ngerti juga.




Paris je ta'im
e bercerita tentang berbagai kisah cinta di kota Paris dengan latar dan tokoh yang berbeda-beda. Film ini cukup unik karena ada bebagai macam kisah dengan satu tema, yaitu cinta. Di awal cerita film ini mengisahkan tentang seorang laki-laki yang menggeruru karena terjebak macet,terlebih ketika ia melihat di kanan dan kirinya ada berbagai pasangan yang sedang bersama. Namun, gerutuaanya bukan tentang kemacetan. Ia berkata bahwa dirinya cukup tampan, baik, dan mempunyai banyak kelebihan .Tetapi hingga saat itu ia belum mendapatkan pasangan. Kemudian tiba-tiba ada seorang wanita yang jatuh di jalan dan membutuhkan pertolongan. Ia pun segera menolong wanita tersebut dan membawanya ke dalam mobilnya. Dari situ si pria dan wanita yang ditolongnya terlibat sebuah obrolan yang (menurut tebakan gue) akan melahirkan sebuah kisah cinta diantara mereka.

Kemudian ada juga cerita tentang kisah cinta hantu. Cerita ini yang menurut gue paling kocak. Gue bar
u mudheng filmnya pas ada cerita ini. Jadi ceritanya seorang wanita vampir sedang menghisap darah seorang laki-laki tua, lalu ada seorang pria muda yang memergokinya. Si wanita akan menghisap darah pria muda itu, tetapi tidak jadi. Si pria muda sudah terlanjur ketakutan dan malah terpeleset hingga akhirnya jatuh dari tangga hingga kepalanya terluka sangat parah. Lalu si wanita vampir itu segera menghisap darah si pria muda agar ia dapat menjadi vampir seperrtinya. Setelah si pria muda itu bertransformasi menjadi vampir, mereka pun berciuman "french kiss" ala vampir, yaitu dengan saling menggigit leher masing2. Setelah itu gue langsung ber "haha!" dan "ooooooooooalaaaaaaaaah!!", baru mudheng ceritanya. Kisah cinta yang disuguhkan di film ini bermacam-macam, mulai dari kisah cinta antara pria dan wanita, Ayah dengan anaknya, ibu dengan bayinya, pasangan yang akan menikah, kisah cinta gelandangan, kisah cinta antar agama, hingga kisah cinta hantu seperti yang talah saya ceritakan.

Latar tempat dan nama tokoh-tokohnya sendiri gue lupa, maklum cuma nonton di TV, jadi ga bisa di ulang lagi..hehe!!Yang jelas film ini cukup menarik dan setelah gue search di google ternyata film memuat 18 cerita yang dibuat oleh 18 sutradara yang berbeda dengan tokoh yang berbeda pula. Film ini juga pernah meraih penghargaan, yaitu un certain regard dalam festival film Cannes tahun 2006 (
http://www.parlezfrancais.net)

4 komentar:

  1. sumpah...tuh film bikin pusing..
    boring nontonnya...
    step up 2 tah...rame..

    BalasHapus
  2. mungkin kita harus lebih menilai maknanya, bukan alur ceritaya. Pesan yang ingin disampaika dalam film ini adalah semua orang (bahkan makhluk halus) punya cerita cinta, semua berhak mendapatkan ataupun memberi cinta kepada siapapun. Namun karena ceritanya yang beragam, jadi agak boring. Tetapi, kalo cuma beberapa kisah, misalnya hanya lima cerita aja orang2 belum ngerti intinya.

    BalasHapus
  3. haha....bahasa lw sekarang jd pinter gtu yak..

    BalasHapus
  4. hahahaa..maklum, calon jurnalis..amiiiiiiiiiiiin!!haha

    BalasHapus