Sabtu, 29 Oktober 2016

Juni 2012, Sidang dan Pengumuman Kelulusan (1)

Sudah lebih dari empat tahun lalu saya lulus kuliah. Ya, empat tahun lalu ~ lama juga.

Blog ini lahir tahun 2009, ketika saya masih kuliah di tahun kedua. Saat itu memang banyak teman - teman yang aktif menulis di blog, jadi saya banyak belajar dari mereka. Tapi ya begitu, bisa dibaca di tulisan - tulisan sebelumnya, ternyata postingan blog saya sebagian besar nggak penting. :D

Moment penting soal kelulusan malah nggak ditulis. Duh, Wuwun!

Bulan Juni tahun 2012 adalah masa paling nano-nano dalam hidup saya. Ibaratnya mau menghadapi vonis antara hidup dan mati (enggak selebay itu sih~), tapi ini masalah lulus dan tidak lulus. Kalau lulus, berarti pas empat tahun saya kuliah. Tidak terlalu lama meski tidak bisa dibilang singkat juga. Karena ada banyak juga teman saya yang berhasil lulus dalam waktu 3,5 tahun. Amazing!


Bungan ucapan selamat untuk geng 3,5 tahun dari kami yang belum lulus saat wisuda ganjil, Februari 2012


Saya lulus dengan membuat Tugas Karya Akhir (TKA) - bukan skripsi. Itu pilihan lebih mudah untuk saya yang lebih terlihat praktis dibanding teoritis. IPK pun sedang - sedang saja, tidak sampai cumlaude. Ada beberapa dosen pada program Studi Jurnalisme Siar yang saat itu saya mintai saran. Sebut saja mas Awang Ruswandi, Mbak Rosy Tri Pagiwati, Mbak Asty Rastiya, Mbak Donna (Hampir semua dosen di Komunikasi UI dipanggil dengan sebutan mbak dan mas/abang). Setelah ngobrol dengan mereka, saya mantap dengan TKA.

Outline TKA sudah mulai saya buat sejak semester ketujuh. Karena di semester 7 masih banyak mata kuliah, ga kepegang juga itu TKA dan akhirnya berlanjut di semester delapan.

Pembuatan skripsi, TKA, tesis dan sejenisnya (syarat kelulusan ketika mau lulus kuliah) pasti penuh drama. Mungkin hampir semua yang mengalami punya dramanya sendiri. Kadang drama cukup panjang sampai bertahun-tahun nggak jadi-jadi itu skripsi, tokoh utama akhirnya menjadi mahasiswa abadi.

Drama saya cuma satu minggu. Tepatnya satu minggu sebelum sidang TKA, drama dimulai. Saya yang akan menjalani sidang pada hari Rabu, 13 Juni 2012 melakukan bimbingan terakhir dengan mbak Rosy pada hari Kamis, 7 Juni 2012 (Untung masih ada foto2 sidang, jadi tanggalnya nggak salah :p).

Ada sedikit revisi pada laporan TKA. Yang ini tidak terlalu sulit, hanya ganti beberapa kata atau konsep, menghapus yang tidak perlu atau menambah beberapa kalimat yang kurang. Bisa diketik satu dua malam saja.

Tetapi selain itu, ada yang harus diulang. Iya, bukan dihapus atau dikurangi tetapi diulang alias diganti. Yang harus diulang adalah prototype atau dummy TKA. Video program televisi saya berdurasi 15 menit, lengkap tiga segmen. Presenter harus diganti dan beberapa isi program juga diubah. Jeng jeng jeng!!

Kenapa itu harus diulang? Bersambung ya, udah kepanjangan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar